Jumat, 14 Oktober 2011

OKER

sifat bahan galian :

Oker adalah tanah lunak yang terdiri dari campuran oksida besi, tanah liatkapur atau bahan-bahan yang berbentuk pasir. Campuran lain adalah tanah liat yang berisi campuran oksida besi. Bahan yang terbentuk karena proses pelapukan lanjut.

Oker terdiri dari bermacam warna : kuning dan coklat (oksida 3H2O), merah (dalam bentuk hematit atau Fe2O3 ), hitam (karena kemasukan ion Mn dan Cu), hitam coklat dan kalau dilarutkan menjadi abu-abu (karena mengandung MnO2).

Oker yang berasal dari sienna mempunyai warna kuning yang bagus, hampir seluruhnya terdiri dari limonit. Yang berasal dari umbra berwarna coklat, karena oker limonitis mengandung mangan.

penyelidikan/penambangan :

Penyelidikan yang dapat di lakukan terhadap oker ialah penyalidikan geologi, sumur-sumur dan parit-parit explorasi, kemudian contoh_contoh diperiksa dilaboratorium secara kimia dan mikroskop.

Penambangan endapan oker dapat di lakukan dengan cara pertambangan terbuka dan tunneling, kemudian hasil dari pada penggalian di bawa pengolahan.

pencucian/pengolahan :

Sebelum di giling kotoran-kotorannya di buangkan terlebih dahulu dan jika batuannya keras dapat di cuci dengan air.

Oker harus digiling sampai halus, pasir dapat dipisahkan dengan pemisahan bantuan udara, kemudian di calcining.

penggunaan :

Dipergunakan sebagai zat warna dalam pembuatan cat, tinta, untuk member warna dalam industry karet, kertas, tegel semen, concrete, plaster brick, jinoleum, permadani, bahan-bahan plastic, mortar, semen, dan lain-lain. Juga dipakai sebagai bahan poles untuk logam dan gelas.

Share

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks buat semua yang sudah kasih komentar

 
;