Jumat, 14 Oktober 2011

MIKA

SIFAT BAHAN GALIAN

Mika adalah nama golongan dari mineral-mineral hydrous potassium alumunium silicate yang bersifat kompleks dan berbeda-beda dalam komposisi kimia dan sifat fisiknya. Mika dapat terbelah-belah dalam lembaran-lembaran tipis,liat,fleksibel,elastic,dan sukar terbakar.

Dialam mika umumnya berbentuk Kristal-kristal kecil,tetapi kadang-kadang ada juga Kristal mika yang lebar nya 10-20cm ataupun diatas 50cm.Warna mika umumnya: putih,kuning,merah,jingga,hijau,abu-abu,hitam,dan ambar.

Beberapa contoh mineral mika antara lain: muscovite,paragonne,lepidolite,zinnwaldite, biotite,vermiculite(H2KAl3(SiO4)3),dan phlogopite(H2KMg3Al(SiO4)4).

Muscovite biasanya ada dalam pegmatite dikes,granites,syenites,schists,dan gueisses.Phlogopite ada dalam limestone kristalin,dolomites,schist,serpentin,basic-dikes.Sedangkan vermiculite terdapatnya sama dengan muscovite dan phlogopite

PENYELIDIKAN DAN PENAMBANGAN

Penyelidikan terhadap deposit mika dapat dilakukan dengan penyelidikan keadaan geologi didaerah yang diduga terdapatnya mika tersebut.Kemudian dilakukan pemboran sumur-sumur,parit-parit,dan lobang-lobang eksplorasi. Lalu hasil dari contoh-contoh pemboran itu diteliti dilaboratorium melalui analisa kimia dan analisa mikroskopis bijih.

Sedangkan, Penambangan mika dapat dilakukan dengan cara open pit mining(penambangan terbuka) dan pengambilannya dapat dilakukan dengan bucket.Tetapi, penambangan dengan cara underground juga sering dilakukan di Kanada dengan kedalaman lebih dari 500 feet.Dalam penambangan ini harus dijaga supaya mika jangan sampai terbuka, misalnya hati-hati melakukan pemboran dan peledakan deposit mika.

PENCUCIAN DAN PENGOLAHAN

Mika dari tambang lalu dipisah-pisahkan berdasarkan ukuran(1inci atau 2inci). Kemudian mika di bersihkan dari batuan pengotornya dengan cara memukul,memotong,menggiling serta mengkonsentreernya. Pengerjaan ini membutuhkan keahlian khusus karena lembaran-lembaran mika ini mudah pecah. Harga dari mika ini tergantung pada ukurannya.

PENGGUNAAN MIKA

Mika biasanya digunakan untuk isolasi alat-alat listrik,misalnya untuk tabung-tabung radio,alat komunikasi,magneto condenser,alat-alat radar,busi kapal terbang,setrika listrik,dll.

Mika yang digiling biasanya digunakan untuk pembuatan dinding kertas,cat,benda dari karet,salju pohon natal,jaringan pipa e-mail,dan benda plastis.Pemakaian lainnya untuk membuat papan mika dan untuk menutupi retakan lobang pada pengeboran minyak bumi.

PERSEBARAN MIKA DI INDONESIA

No

Tempat

Keadaan Endapan

Cadangan(ton)

literatur

1.

ACEH

1. Aceh Timur

Breksi

-

Dit. Pertambangan

2.

SUMATERA UTARA

1. Pangaribuan

Primair

-

Dit. Pertambangan

3.

SULAWESI SELATAN

1. Majene

Primair

-

Dit. Pertambangan

4.

SULAWESI TENGAH

1. Towutu

2. P. Peleng

primair

-

Dit. Pertambangan/geologi (jepang)

5.

IRIAN JAYA

1. Wandamen

Primair

-

-

Share

6 komentar:

Anonim mengatakan...

permisi mas. numpang tanya, untuk lepidolite, pertambangannya di Indonesia ada dimana ya? oh iya, itu sumber(referensi)nya didapat dari mana, bisa diperjelas?
terima kasih.

Fhardi Suganda mengatakan...

terimakasih mas pertanyaannya ...

oh ya maaf sebelumnya untuk mineral lepidolite info detail metalogenik province saya kurang lengkap mas.

referensi dari buku , internet dll mas...

Anonim mengatakan...

numpang iklan gan

http://zonatambang.com portal tempat kumpul komunitas tambang, lowongan kerja, komunitas pekerja, mediator, funder, pemilik lahan dll

Elaine mengatakan...

Makasih om, infonya membantu sy dlm mengerjaan PR :3
BTW theme-Nya bagus ^^

Elaine mengatakan...

Makasih om, infonya membantu sy dlm mengerjaan PR :3
BTW theme-Nya bagus ^^

Anonim mengatakan...

Numpang nanya Mas. saya sigiro dari Palangkaraya, saya ada dapat deposit bahan tambang mika, kemana mau menjual bahan mentah mika? kalau berminat dapat hub no HP saya: 081345266006. Jika berminat dapat saya kirimkan sampel berupa bongkahan batu yang berisi mika. Terima kasih

Posting Komentar

Thanks buat semua yang sudah kasih komentar

 
;