Minggu, 28 Oktober 2012

Rod Mill

 Rod mill merupakan salah satu dari alat Grinding
 
Rod mills mampu mereduksi feed dengan ukuran 50 mm menjadi produk dengan ukuran 300 μm. Rasio reduksi biasanya antara 15: 1 s.d. 20:1.
Ciri khusus dari rod mill adalah panjang cylindrical shell-nya antara 1,5 dan 2,5 kali diameternya. (Figure 7.15).
rod mill

 Mill  dengan panjang 6,4 m, diameternya tidak boleh lebih dari 4,57 m. Rod mills dengan diameter lebih dari 4,57 m dengan panjang 6,4 m dapat digunakan dengan motor 1640 kW.  Daya yang dibutuhkan untuk kapasitas tertentu dapat diperkirakan dengan persamaan Bond:
 



Centre peripheral discharge mills
centre peripheral discharge mill
 Pada centre peripheral discharge mills (Figure 7.16), feed dimasukkan dari kedua ujungnya ke dalam trunnions dan hasilnya dikeluarkan melalui port sirkumferen pada bagian tengah shell. Mill ini dapat digunakan untuk penghalusan basah atau kering dan banyak dipakai dalam menyiapkan pasir-pasir khusus dalam jumlah besar.
End peripheral discharge mills
Pada end peripheral discharge mills (Figure 7.17),  feed dimasukkan dari salah satu ujungya ke trunnion dan produk dikeluarkan dari ujung lainnya. Mill ini digunakan umumnya untuk penghalusan kering dan lembab.
end peripheral discharge mills

Jenis rod mill yang paling banyak digunakan dalam industri pertambangan adalah trunnion overflow (Figure 7.18), dimana umpan dimasukkan melalui sebuah trunnion dan dikeluarkan melalui yang lainnya. Jenis mill ini hanya digunakan untuk penghalusan basah fungsi dasarnya adalah untuk mengkonversi produk crushing plant menjadi ball-mill feed. Diameter overflow trunnion lebih besar 10-20 cm dari bukaan umpan untuk membuat aliran yang tinggi.

overflow mill
Untuk rods ini digunakan baja karbon tinggi. Jumlah penghalusan yang optimal diperoleh jika volumenya 35 % dari shell. Pemakaian rod tergantung kepada karakteristik mill feed, kecepatan penggilingan, panjang rod, dan ukuran produk; normalnya berkisar antara 0,1-1,0 kg baja per ton bijih untuk penghalusan basah, dan kurang dari itu untuk penghalusan kering.
Rod mills normalnya bekerja antara 50 dan 65% dari kecepatan kritisnya.
Grinding action of rocks

Share

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks buat semua yang sudah kasih komentar

 
;