Rabu, 09 Mei 2012

Pentingnya Pertambangan

Sehubungan dengan banyaknya berita berita miring yang menyudutkan pertambangan belakangan ini maka ssaya akan menceritakan bagaimana sebenarnya pertambanganan itu
 
Pertambangan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Pertambangan memberikan peran yang sangat signifikan dalam perekonomian nasional, baik dalam sektor fiscal, moneter, maupun sektor riil. Peran pertambangan terlihat jelas dimana pertambangan menjadi salah satu sumber penerimaan negara; berkontribusi dalam pembangaunan daerah, baik dalam bentuk dana bagi hasil maupun program community development atau coorporate social responsibility; memberikan nilai surplus dalam neraca perdagangan; meningkatkan investasi; memberikan efek berantai yang positif terhadap ketenagakerjaan; menjadi salah satu faktor dominan dalam menentukan Indeks Harga Saham Gabungan; dan menjadi salah satu sumber energy dan bahan baku domestik.

sadarkah kita bahwa
  1. 94% Disekeliling kita merupakan hasil tambang baik itu dari baju , celana , sepatu , tv, hp, pena, pemotong kuku, kendaraan baik itu darat laut maupun udara . didalam pakaian kendaraan ataupun yang lainnya terkandung logam , alumunium , minyak bumi, dan lainnya dan bahkan untuk menggerakkan / menjalan kan benda tersebut di butuhkan energy yang juga berasal dari hasil bumi.
  2. Adanya gedung gedung, jalan raya, jembatan, perumahan dan bahkan WC umum dimana bahan bakunya dari tambang seperti aspal , semen , besi dan lainnya.
  3. Apakah Tambang membawa efek negatif bagi warga sekitar tambang ? saya rasa tidak karna dengan adanya tambang di suatu wilayah maka segala infrastruktur di daerah tersebut akan meningkat, terbuka nya lapangan kerja dan akan banyak terserap pekerja di daerah tersebut dan pendapatan daerah akan meningkat seiring pajak dan royalty yang didapat dari perusahaan tersebut
  4. dan mungkin yang terakhir banyaknya penolakan terhadap pertambangan karna merusak lingkungan Kenyataannya, TIDAK ada satupun teori dan Aturan yg membenarkan bahwa tambang itu merusak lingkungan. Bahkan pemerintah di haruskan oleh UU untuk mengawasi dan menegur tambang yg merusak lingkungan, bahkan mencabut izinnya.Lantas kenapa masih ada beberapa tambang yg merusak lingkungan ?
    Karena "moral" dan pengawasan dari pemerintah yang masih sangat lemah. Sehingga membiarkan tambang merusak lingkungan, di tambah dengan pelaku-pelaku tambang yg tidak peduli akan lingkungan.

    Lebih tepatnya, Tambang bukan MERUSAK Lingkungan, tapi MERUBAH Bentang Alam.
    Dan itu WAJAR !!. karena kita telah mengambil isi di dalamnya yg di pergunakan untuk menopang kehidupan manusia, menjadi Handphone, TV, Laptop, Semen, Kacamata, dan lain sebagainya. Ibarat Telur, kalau mau ambil putih dan kuning telurnya, pecahkan dulu kulitnya.
     
    jadi mestikah kita menolak tambang ? menolak tambang berarti menolak pertumbuhan nasional ,menolak cita cita bangsa , dan yang pastinya menolak INDONESIA MAJU.
Share

1 komentar:

Anonim mengatakan...

izin share om

Posting Komentar

Thanks buat semua yang sudah kasih komentar

 
;