Jumat, 14 Oktober 2011

GRAFIT

Sifat Bahan Galian

Grafit adalah salah satu bentuk dasar dari karbon. Lunak berwarna hitam rasa lemak, mempunyai daya tahan terhadap kebanyakan persenyawaan persenyawaan kimia, Konduktor yang baik untuk panas dan listrik dan bahan penyair yang baik.

Grafit terjadi oleh :

a. Magmatik concentration

b. Contact metasomatik

c. Hydrothermal deposition in vein

d. Metamorphism

Kebanyakan grafit terjadi melalui proses metamorphose berbentuk kristal. Terdapatnya pada granites gneisses,miea schists,dan limestone yang kristalin. Endapan grafit biasanya mempunyai kadar 2,5 -7 % C,kekerasan 1-2,b.d. 1,9-2,3.

Penyelidikan/penambangan

Penyelidikan yang dapat dilakukan terhadap endapan grafit ialah dengan penyelidikan geologi daerah,sumur sumur dan pemboran pemboran eksporasi. Kemudian contoh grafit diperiksa di laboratorium secara kimia dan mikrosopi.

Penambangan endapan grafit dapat dilakukan dengan cara pertambangan terbuka dengan open quarry methods dan secara pertambangan dalam (underground mining).

Pencucian / pengolahan

Pertama kalinya memilih grafit dari impurities dilakukan dengan tangan terus dengan pemilihan bongkah grafit yang bagus,lalu disaring,dipecah (crushing) disaring lagi. Kualitas rendah dicuci kemdian dicampur semua. Cara umum crude grafit dihancurkan dengan Jaw crusher,rolls,dan cone crusher, wet ground in ball dan rodmills,dan dikoncentreer dengan oil flotation dan tabling. Hasilnya dikeringkan dalam rotary driers dan disaring. Penggilingan kembali dengan hammer mills.

Penggunaan

Dipergunakan untuk membuat crucible, dapur pemanas,alat penuang benda benda panas.

Share

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks buat semua yang sudah kasih komentar

 
;