Sabtu, 10 Desember 2016

Cummins Power Generation (GENSET)


Cummins Power Generation

Genset (generator set) diesel menghasilkan tenaga listrik dengan menggunakan alternator dan mesin diesel. Mesin ini menggunakan bahan bakar solar untuk beroperasi. Kekuatan mesin (disajikan sebagai RPM) ditransformasikan oleh alternator menjadi arus listrik yang dapat digunakan. Arus ini kemudian didistribusikan ke bangunan yang terhubung ke jaringan. Ini dapat termasuk rumah, bangunan komersial dan lokasi konstruksi. Karena akses ke tegangan sangat penting untuk rumah dan bisnis.

Generator diesel yang umum digunakan saat bekerja, rumah, atau bangunan tidak memiliki akses dengan sumber listrik. Misalnya, lokasi konstruksi kadang-kadang terletak di daerah di mana akses ke jaringan listrik tidak mungkin. Demikian pula, kapal transportasi memerlukan sumber energi diandalkan untuk navigasi dan sistem propulsi. Sebuah generator diesel dapat digunakan untuk menghasilkan tegangan yang diperlukan.



Alternator Genset

Alternator adalah suatu perangkat elektromagnetis yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dalam bentuk arus bolak-balik. Alternator Kebanyakan menggunakan medan magnet berputar dengan armature stasioner tapi kadang-kadang, sebuah dinamo berputar digunakan dengan medan magnet stasioner, atau alternator linier digunakan.

Pada prinsipnya, setiap generator AC listrik dapat disebut alternator, tetapi biasanya istilah ini mengacu pada mesin berputar kecil didorong oleh otomotif dan mesin pembakaran internal. Sebuah alternator yang menggunakan magnet permanen untuk medan magnet yang disebut magneto. Alternator di pembangkit listrik didorong oleh turbin uap disebut turbo-alternator.

Kapasitas Genset

Di pasaran tersedia Generator dengan range kapasitas yang besar, satu phase atau tiga phase, dan juga jenis kebutuhan bahan bakarnya. Generator sampai dengan kapasitas 20 KVA biasanya banyak diperuntukkan bagi perumahan dan. Sedangkan untuk industri biasanya dibutuhkan kapasitas dari 11 KW sampai dengan 2750KW. Portable Genset biasanya disiapkan untuk kebutuhan rumah tangga dan industri kecil, sedangkan untuk bisnis, data center, gedung, dan aplikasi industri dibutuhkan kapasitas besar dan 
penempatan yang tetap.

Genset

Kapasitas daya

Power Factor (Faktor Daya) yang juga selalu ditulis sebagai cos Ø, merupakan bagian yang cukup penting dalam pengoperasian suatu Generator Listrik. Karena menurunnya faktor daya (cos Ø) akan berakibat turunnya efisiensi pembangkit dalam menampung beban kerja serta akan memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem pembangkit atau sistem beban listrik, sehingga perlu adanya usaha untuk memperbaiki faktor daya tersebut.


Ada beberapa hal yang penting diperhitungkan dalam pemilihan genset:
1. List item/equipment yang butuh power dari generator
2. Daya yang dibutuhkan oleh masing-masing item/equipment tersebut
3. Dari data diatas diperoleh berapa KVA Genset yang dibutuhkan
4. Ruangan Tempat Genset yang memadai / space yang di butuhkan
5. Penggunaan Peredam suara atau tidak
6. generator diesel juga digunakan untuk tujuan yang sama sebagai uninterruptible power     supply (UPS). Artinya, jika jaringan listrik mengalami outage, generator dapat memberikan redundansi. Ini redundansi daya dapat menjadi kritis. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan operasi mereka, rumah sakit untuk mempertahankan penggunaan instrumen mereka dan bandara untuk menjaga integritas sistem. Setiap organisasi yang mengontrol aplikasi misi kritis bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki sebuah generator tersedia sebagai sumber daya yang handal.


Share

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks buat semua yang sudah kasih komentar

 
;